Sehatnya Kacang Almond…

Posted by Unknown Label:


Anda mungkin pernah mengonsumsi kacang almond yang dibungkus di dalam cokelat batangan, rasanya enak bukan? Atau taburan almond di atas ice cream vanilla chocolate, hmmm… crispy dan gurih sekali. Tetapi pernahkah Anda mencicipi almond sebagai snack? Jika belum, sediakan almond sebagai camilan di rumah Anda, karena ia adalah camilan untuk kesehatan.
Lho bukannya kacang itu berlemak dan jahat yah? Hampir-hampir saat melihat kacang almond kita akan menyingkirkannya dari mangkuk atau gelas kita saking takutnya akan jerawat yang mengancam. Yah itulah yang biasa kita lakukan. Tetapi, jangan pernah melakukan hal itu lagi, karena almond sungguh baik untuk kesehatan Anda.
Apakah Almond mengandung lemak?
Oh ya jelas ia mengandung lemak, karena ia adalah kacang-kacangan. Tetapi percayalah bahwa almond sungguh snack baik untuk Anda konsumsi. Yuk lihat manfaat di balik biji yang gurih dan lezat ini.
Kandungan Nutrisi Almond
Ternyata di balik tubuh mungil almond ini terdapat aneka nutrisi bagi Anda yang menyehatkan. Beberapa nutrisi pentingnya antara lain:
- 20 gr karbohidrat
- 5 gr gula
- 12 g fiber/serat
- 51 g lemak
- 22 g protein
- 0.24 mg Vit B1
- 0,8 mg Vit B2
- 0,3 mg Vit B5
- 0,13 mg Vit B6
- 248 mg Kalsium
- 4 mg zat besi
- 275 mg magnesium
- 474 mg fosfor
- 3 mg zinc
- 728 mg potasium
*Hitungan berdasarkan 100 g almond (sumber: database USDA Nutrient)
Manfaat kacang almond bagi kesehatan:
1. Bagi jantung
Kacang almond mengandung LDL yang baik untuk jantung. LDL ini akan memerangi 10 % kolesterol jahat apabila dikonsumsi secara teratur. Ia juga menurunkan resiko serangan jantung, kanker serta membuat Anda awet muda.
2. Snack baik untuk diet
Sudah jelas bahwa kacang almond mengandung lemak. Namun dari beberapa studi yang dilakukan, seperti dilansir dalam Food Facts Suite101, jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat dan teratur ia malah membantu menurunkan berat badan. Kandungan fiber/ serat di dalam kacang almondlah yang menyeimbangkan jumlah kalori yang ada. Kacang almond juga mengandung karbohidrat, sehingga saat memakannya kita akan merasa kenyang dalam beberapa waktu. Namun tentunya tetap dalam porsi tertentu, karena ia tetap snack yang mengandung cukup banyak lemak.
3. Sumber protein tinggi
Almond juga kaya akan protein, yang tentunya sangat baik untuk pertumbuhan kuku, kulit, dan rambut.
4. Tinggi kalsium
Berbeda dengan camilan lain, kacang almond juga kaya akan kalsium, dan ini tentunya sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Bahkan dalam ilmu pengobatan China, kacang almond digunakan sebagai tonic obat kuat karena kemampuannya memperlancar peredaran darah dan menjaga kestabilan liver.
Lho, masih bingung mencari snack lain? Yuk kita konsumsi almond saja supaya tetap sehat.

0 komentar:

Posting Komentar